Atasi Nyeri Leher dengan Tips Simple Ini!

Menurut penelitian di Amerika, warga di sana 70 persen di antaranya mengalami sakit nyeri pada leher. Hal tersebut mengartikan bahwa di Indonesia, kemungkinan tinggi juga bisa mengalami sakit pada leher. Terlebih bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, olahragawan, atau Anda yang bekerja dengan pola yang kurang sehat bagi tubuh, seperti duduk dan berdiri terlalu lama. Bila Anda sering mengalami masalah kesehatan ini, Anda bisa mencoba pengobatan alternatif berupa cara rumahan mengobati nyeri leher yang dibahas pada artikel di bawah ini.

atasi nyeri leher

1. Akupuntur
Akupunktur merupakan pengobatan kuno yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Akupunktur dipercaya dapat membantu mengobati nyeri leher kronis. Hal ini kemungkinan karena tubuh kita dipercaya memiliki setidaknya 2 ribu titik yang saling dihubungkan dengan meridian. Dengan meletakkan jarum-jarum di titik-titik tubuh tertentu, diharapkan aliran darah dapat menjadi lancar, sehingga nyeri pada leher dapat teratasi.

2. Posisi tidur
Cara rumahan mengobati nyeri leher selanjutnya adalah dengan memperhatikan pola tidur dan bantal yang digunakan. Nyeri pada leher bisa saja disebabkan oleh bantal yang terlalu keras, ataupun posisi tidur yang salah setiap malamnya. Menurut penelitian, posisi tidur terbaik adalah miring, sedangkan yang terburuk adalah tengkurap. Juga dalam pemilihan bantal, gunakanlah yang paling nyaman dan tidak menyebabkan kram.

3. Latihan akustik
Bagi Anda yang suka berenang namun mengalami nyeri leher, terutama akibat osteoporosis, Anda bisa mencoba latihan akustik atau olahraga air. Gerakan-gerakan di kolam renang bisa sangat membantu mengurangi nyeri pada leher. Gerakan yang lembut bisa meringankan rasa sakit dari pada Anda berolahraga di darat.

4. Pilates
Selain olahraga air, Anda juga bisa mencoba pilates. Gerakan-gerakan menggulung yang diajarkan pada kelas pilates dipercaya bisa mengurangi sakit leher. Studi yang diterbitkan oleh Journal of Bodywork menyebutkan bahwa gerakan terapi pilates baik untuk pasien penderita nyeri leher kronis. Gerakan seperti kepala mengangguk dipercaya dapat meregangkan leher dan tulang belakang. Pilates juga mengajarkan kita untuk melakukan Rolling tubuh yang manfaatnya bukan saja untuk leher, namun juga anggota tubuh lainnya.

5. Kompres es
Dibandingkan air panas, kompres es lebih cocok digunakan untuk menguraangi nyeri leher yang diakibatkan oleh cedera. Sedangkan air hangat lebih tepat untuk nyeri akibat keseleo ataupun kejang. Anda bisa menggunakan air es dan kain untuk mengompres area leher yang nyeri. Jangan langsung menerapkan es batu pada pusat rasa nyeri.

6. Konsumsi air putih
Cara rumahan mengobati nyeri leher yang terakhir adalah dengan mengonsumsi air. Rasa sakit pada leher bisa jadi disebabkan karena tubuh kekurangan asupan air mineral. Dengan banyak dan rutin mengonsumsi air putih, Anda bukan saja dapat mengatasi sakit leher, namun juga dapat mencegahnya datang kembali.

Nah mulai sekarang jika anda merasa nyeri pada bagian leher, tidak usah panik. Anda bisa mencoba beberapa pengobatan alternative untuk mengatasi sakit nyeri pada leher. Meski begitu, jika dalam 1×24 jam tidak ada perubahan atau sebalinya nyeri malah bertambah sakit, segera bawa ke rumah sakit atau ke ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *